Fakultas Syariah & Hukum
Manajemen Keuangan Syariah

Jurusan Manajemen Keuangan Syari’ah
A. Pendahuluan

Sejak tahun 1991, tepatnya sejak berdiri Bank Muamalah Indonesia (BMI), perkembangan lembaga-lembaga ekonomi dan keuangan yang prinsip-prinsip operasionalnya berdasarkan pada syari’ah (Islam) telah melaju cepat dengan akselarasi yang luar biasa. Hal ini ditandai dengan semakin bermunculan lembaga-lembaga ekonomi dan keuangan syari’ah, selain BMI, pada tahun 1995 berdiri pula Asuransi Takaful Indonesia (ATI) yang prinsip operasionalnya sama dengan BMI, yakni prinsip syari’ah. Perkembangan ini semakin semarak lagi ketika saat ini juga bermunculan Bank Perkreditan Syari’ah (BPRS) dan Baitul Mal wat-Tamwil (BMT). Semakin signifikan perkambangan lembaga ekonomi keuangan Syari’ah ini, ketika beberapa bank konvensional mulai mendirikan unit Usaha Bank berdasakan Syari’ah.

Tetapi perkembangan lembaga ekonomi dan keuangan syari’ah ini tidak dibarengi dengan ketersediaan sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang memiliki integritas, kwalitas, dan kompetensi dalam lembaga ekonomi dan keuangan Syari’ah ini masih sangat terbatas. Bahkan, saat ini rekrutmen tenaga kerja di lembaga ekonomi dan keuangan Syari’ah terasa sangat dilematis. Sebab, lembaga-lembaga pendidikan yang ada, Fakultas Ekomoni di Perguruan Tinggi Umum (PTU) dan Jurusan Muamalah di Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI), tidak cukup kapabel dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja di lembaga ekonomi dan keuangan syari’ah. Persoalannya, produk Fakultas Ekomoni di Perguruan Tinggi Umum (PTU) banyak paham tentang manajemen ekonomi dan keuangan, tetapi tidak banyak paham tentang Syari’ah (Fiqh al-Mu’amalah), sedangkan produk Jurusan Muamalah di Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) banyak paham Syari’ah (fiqh al-mu’amalah), tetapi tidak banyak paham tentang ekonomi dan keuangan.

Berdasarkan Peraturan Presiden RI No. 57 Tahun 2005, tanggal 10 Oktober 2005, bertepatan dengan tanggal 6 Ramadhan 1426 H. IAIN berubah statusnya menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung. Fakultas Syariah dan Hukum adalah salah satu fakultas yang ada di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung merupakan Fakultas yang mengembangkan keilmuan Islam dalam bidang Hukum Islam, baik ya bersifat hukum publik maupun hukum privat yang terimplementasikan dalam berbagai studi yang tersebut yang mengembangkan Hukum Islam tersebut. Aplikasi prodi itu di antarnya Hukum Keluarga (al-ahwal al-Syakhsiyah), Hukum Ekonomi Islam (Muamalah), Hukum Jinayah Siyasah, Perbandingan Madzhab dan Hukum (PMH), Siyasah (Ilmu Politik dan Hukum Ketatanegaraan Islam), Ilmu Hukum (IH), Administrasi Negara, Manajemen, D3 Manajemen Keuangan Syariah dan Jurusan Manajemen Keuangan Syari’ah.

Atas dasar pemikiran itu, maka Jurusan Manajemen Keuangan Syari’ah Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Suna Islam Gunung Djati Bandung ini didirikan berupaya memadukan dua disiplin ilmu yang selama ini terpisah secara parsial, yakni mu’amalah dan  ekonomi.

B. VISI DAN MISI

Visi

Jurusan Manajemen Keuangan Syariah memiliki visi: ” Dalam jangka 10 tahun ke depan Jurusan Manajemen Keuangan Syariah dan Hukum dapat menjadi lembaga akademik yang berperan sebagai pusat perkembangan sumber daya manusia yang memiliki integritas, kualitas dan kompetensi keahlian serta keterampilan yang dilandasi oleh keyakinan dan akhlak islami, sehingga siap menjadi unsur perubah, penggerak dan pelaksanan nilai-nilai syariah dalam aktivitas ekonomi dan keuangan.

Misi

1)      Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang Manajemen Keuangan Syariah yang berorientasi kepada pemahaman konsep, teori, landasan hukum dan nilai-nilai syariah.

2)      Menyelenggarakan pelatihan dalam rangka mencetak sumber daya manusia yang memiliki integritas, kemampuan dan keterampilan di bidang Menejemen Keuangan Syariah.

3)      Membangun jaringan kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan, pelatihan dan pengembangan ekonomi syariah dan instansi-instansi yang bergerak di bidang ekonomi syariah.

C. TUJUAN

Tujuan Umum :

1)      Mencetak sarjana muslim yang menguasai dasar ilmiah dan keterampilan bidang keahlian hukum dan pranata ekonomi syari’ah sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan dan menemukan cara penyelesaian masalah dalam bidang keahliannya;

2)      Mencetak sarjana muslim yang mampu menerapkan keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap dan perilaku yang sesuai dengan tata kehidupan bersama;

3)      Mencetak sarjana muslim yang mampu berperilaku dalam membawakan diri berkarya di bidang keahliannya dalam kehidupan bersama dalam masyarakat.

Tujuan Khusus

1)      Mencetak sumber daya manusia yang memiliki integritas, kualitas dan kompetensi dalam bidang manajemen keuangan syari’ah;

2)      Mencetak sumber daya manusia yang profesional  dan menjadi eksekutif  lembaga keuangan yang dikelola secara Islami;

3)      Mencetak sumber daya manusia yang mampu menerapkan nilai-nilai Syari’ah  dalam menjalankan roda ekonomi dan keuangan.

  1. D. BEBAN STUDI YANG HARUS DISELESAIKAN

Jumlah sks yang harus diselesaikan adalah 154 SKS dengan rincian:

1)      MKKD sebanyak 26 sks.

2)      MKKU sebanyak 104 sks.

3)      MKKP sebanyak 18 sks.

4)      MKKL sebanyak 8 sks.

E. Rincian Mata Kuliah Jurusan Manjemen Keuangan Syariah

-          Mata Kuliah Kompetensi Dasar (MKKD)

1) Ilmu Tafsir            : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa memahami kandungan ayat-ayat al Qur’an tentang akad-akad muamalah, dasar-dasar ekonomi syari’ah, tanggung jawab sosial, produksi dan distribusi barang, hubungan antara orang kaya dan miskin, jual beli dan utang piutang, pajak dan asuransi, riba, politik dan ekonomi.

Topik Inti:

Ayat-ayat tentang makanan dan minuman (al Baqarah: 172, 219; al An’am: 118-119, 121; Al; Maidah : 90-91); Ayat-ayat tentang akad-akad muamalah (al Ma’idah: 1; al Isra’ : 34; al Baqarah: 275, 280, al Nisa: 29); Ayat-ayat tenyang Dasar-dasar ekonomi Syari’ah (Ali Imran: 14, al Nisa: 5, 32, al Rum: 38-39, al Jum’ah:10); Ayat-ayat tentang moral dan etika bisnis (al Isra’ : 26, 29, 34, 35; al Taubah: 34-35); Ayat-ayat tentang tanggung jawab sosial (al Dzariyat: 19, al Baqarahl77, 195, al Taubah: 60, 103); Ayat-ayat tentang produksi (al Nahl 5, 9, 80-81; al Ma’dah : 62-63); Ayat-ayat tentang hubungan orang kaya dan orang miskin (al baqarah: 262-264; al Nisa: 36; Ali Imran 92); Ayat-ayat tentang jual belin (al Baqarah: 257, al Jum’ah: 9-10); Ayat-ayat tentang utang piutang (al baqarah: 282-283); Ayat-ayat tentang riba (Ali Imran: 130. al baqarah:275, 278); Ayat-ayat tentang pajak dan asuransi (al Hasyr:7, al Ma’idah :2, al Anfal : 41); Ayat-ayat tentang politik dan ekonomi (Yusuf: 47-49, 54-55, al Baqarah 261-262).

Referensi a.l..: Muhammad Ali al-Syais, Tafsir Ayat Ahkam; Muhammad al-Shabuni, Rawa’i al-Bayan fi Tafsir Ayat al-Ahkam; Al-Qurthubi, al-Jami al-Ahkam al-Qur’an.

2)  Ilmu Fiqh/Ushul Fiqh   : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa memperoleh pengetahuan yang memadai tentang ushul fiqh dan ketentuan-ketentuan pokok dalam ibadah, muamalah, munakahat, mawarits dan jinayat.

Topik Inti:

Pengertian, obyek, tujuan, ruang lingkup dan perbedaan Fiqh dan Ushul Fiqh; Ibadah (thaharah, shalat, zakat, puasa, haji dan umrah), muamalah, munakat, mawarits, jinayah dan siyasah; Sejarah perkembangan Ushul Fiqh; Sumber Hukum Islam; Metode Ijtihad; Kaidah-kaidah Ushuliyah; Ta’arudh al-Adillah dan cara penyelesaiannya; Kaidah-kaidah Fiqh; al-Ahkam, Hakim, mahkum bih dan mahkum fih.

Referensi a.l..: Wahbah al-Zuhaili, al-Fiqh Islam wa Adillatuh, Beirut, Dar Al-Fikr; Sayyid Sabiq, Fiqh Al-Sunnah; T.M. Hasbi al-Shiddiqi, Kuliah Ibadah; Ibnu Rusydi, Bidayat al-Mujtahid; Al-Juzairi, Al-Fiqh ‘ala Madzahib al-’Arba’ah; A.Djazuli dan Nurol Aen, Ushul Fiqh; Al-Syatiby, Al-Muwafaqat; Abu Zahroh, Ushul Fiqh; Abdul Wahab Khalaf, Ushul Fiqh; Wahbah al-Zuhaili, Ushul Fiqh; Muh. Khudary Bik, Ushul Fiqh.

3)  Ilmu Kalam/Akidah akhlak : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mengetahui dan bersikap tauhidullah dalam kehidupan sehari-harinya, serta mengetahui wacana dan pemikiran kalam dalam Islam. Membekali mahasiswa tentang dasar-dasar aKhlak islami agar mereka berakhlak islami dalam kehidupan sehari-hari baik dalam pengembangan profesinya maupun perannya dalam kehidupan di masyarakatnya.

Topik Inti:

Pengertian tauhid, syirik, munafik, fasik, dan zhalim; Kerangka teori dan pendekatan studi; Landasan normatif, ilmiyah, dan etik; Wilayah kajian tauhid; Wujud sifat-sifat Tuhan dalam diri manusia dan alam realitas; Potensi insani sebagai penerima ajaran tauhid: indra (logik), hati (etik), dan nurani (estetik); Paradigma baru menuju kesatuan (tauhid) dalam penciptaan yang terintegrasi; aliran-aliran kalam dalam Islam serta paradigma pemikirannya.

Pengertian akhlak, etika. dan moral; Landasan normatif, filosofis, ilmiyah, dan metodoiogis; Wilayah kajian akhlak; Pembagian akhlak dan macam-macamnya; Indikator akhlak baik dan buruk berdasar agama, filsafat, ilmu, dan budaya, Potensi insani dalam mewujudkan baik dan buruk; Hubungan aqidah, syari’ah, IPTEK, dengan akhlak; Rekaman al-Qur’an tentang peran individu yang berakhlak baik dan buruk; Peran individu yang berkahlak baik dan buruk dalam perjalanan sejarah umat; Faktor pembangkit akhlak baik dan buruk; Langkah-langkah menumbuhkan akhlak yang baik; Aplikasi akhlak baik dalam ibadah ritual, aktivitas pendidikan, ekonomi, hukum, politik, seni budaya, kemasyarakatan, kesehatan dan lingkungan; Implikasi akhlak baik dan buruk dalam kehidupan realitas; Pertanggungjawaban akhlak baik dan buruk di hadapan Tuhan, umat manusia, dan lingkungan; Implikasi akhlak baik dan buruk dalam kehidupan realitas.

Referensi a.l.: Abd al-Wahab dan Ibn Taimiyah, Majmu’ al-Tawhid; Ali al-Syaikh, Fath al-Majid; Ismail Razi al-Faruqi, Tawhid; Osman Bakar, Tauhiddan Seni; Amin Rais, Tauhid Sosial; Sayyid Quthb, Ma’alimfi al-Thariq; Fazlurrahman, Tema Pokok Al-Qur’an; Al-Jabiri, Bunyah al-’Aql “md al-’Arab; Hendar Riyadi (ed), Tauhid llmu Yusuf Qardlawi, Al-‘Ibadah fi al-Islam; Ayman Shawaf, Emotional Qoutient (EQ) dan Spiritual Qoutient (SQ); Aliran-aliran Kalam .

Al-Ghazali. Ihya ‘Ulum al-Din; Al-Ghazali, Al-Munqidz mm al-Dlalal; Al-Ghazali. Al-Tibru wa al-Masbuk fi al-Nashihah al-Muluk; A. Amin, Etika /Ilmu Akhlak); Hamzah Ya’kub, Etika Islam Pembinaan Akhlaqulkarimah

4)  Filsafat Umum : 2 sks

Tujuan:

Diharapkan mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan inti tema-tema, serta dapat menginterpretasi dan mengaktualisasikan nilai-nilai pemikiran filsafat.

Topik Inti:

Batasan filsafat, objek materian dan objek forma; Struktur dan pembagian fiisafat; Metodologi filsafat; Sistematika filsafat; Dari mitos ke pemikiran filsafat; Filsafat Hellanisme, Filsafat Yunani, Pramaterialistik; Filsafat alam pra-Socrates, Idealisme Plato, Realisme Aristoteles, Atomisme dalam Epikurisme, Tuhan dalam Neoplatonisme; Filsafat Patristik abad permulaan Eropah; Filsafat Scholastik abad pertengahan Eropah; Filsafat Islam, Renaissance dan Humanisme, Empirisme, Positivisme Auguste Comte, Pragmatisme; Filasafat Henri Berg-son, Fenomenologi, Eksistensialisme, Sekularisme.

Referensi a.I.: Ahmad Tafsir, Filsafat Umum, Bandung, Rosyda Karya; A. Hanafi, Filsafat Scholastik, Jakarta, Pustaka Al-Husna; Juhaya S. Praja, Aliran-aliran Filsafat Dari Rasionalisme Hingga Sekularisme; Juhaya S. Praja, Aliran-aliran Filsafat dan Etika; K.Bertens, Ringkasan Sejarah Filsafat; Poedjawijatna, Pembim-bing ke Arah Alam Filsafat.

5)  Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam  : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mengetahui dan memahami sejarah dan Peradaban Islam Periode Klasik: masa Nabi, Khulafa al-Rasyidin; Umayah, Abbasiyah, dan Dinasti-dinasti kecil pada masa Abbasiyah dan Periode tengah dan negara bangsa periode modern.

Topik Inti:

Mengenal konsep sejarah dan peradaban dan periodisasi perkem-bangan peradaban Islam; Arab pra Islam; masa Nabi; masa Khulafaur Rasyidin; fase Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib; masa Muawiyah Timur; Islam di Andalusia; masa Abbasiyah; dinasti-dinasti kecil; perang salib; invasi Mongol; dan Islam di Asia Tenggara.

Referensi a.l.: Brockelmann, History of the Islamic People, London, Kegan Paul, 1982; Philip K. Hitti, History’ of the Arab; From the Earliest Time to the Present, New York, 1970; Ahmad Amin, Fajr Islam; Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam; Marshal Hodgson, The Venture of Islam, Ira M. Lapidus, The History of Islamic Societies.

6)  Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa memahami dan menghayati dasar dan falsafah Negara Pancasila dan UUD 1945 serta mengetahui dan memahami hakikat kediriannya sebagai warga negara dan menjadi warga negara yang cerdas bertang-gungjawab dan berkeadaban {good citizen).

Topik Inti:

Pengertian, kedudukan, fungsi, tujuan dan landasan pendidikan kewarganegaraan; Identitas nasional; Negara dan kewarganegaraan; Konstitusi; Pemerintahan dan hubungan sipil-militer; Hubungan agama dan negara; Masyarakat madani; Demokrasi; dan Hak asasi manusia.

Referensi a.l.: A.Ubaidillah (et al), Pendidikan Kewarganegaraan Demokrasi, HAM & Masyarakat Madani; Hazairin, Demokrasi Pancasila; Ismail Sunny, Mekanisme Demokrasi Pancasila; Dardji Darmodiharjo, Orientasi singkat Pancasila; Nugroho Notosusanto, Proses Perumusan Pancasila; Sekneg RI, UUD 1945, P4 dan GBHN.

7)  Bahasa Indonesia : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mampu menggunakan bahasa Indonesia, baik dalam percakapan maupun tulisan dengan baik dan benar.

Topik Inti:

Bahasa Indonesia sebagai media komunikasi; Pemakaian ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan; Penggunaan Bahasa Indonesia yang baku; Masalah kita; Seluk beluk kalimat; Menyusun alinea; Analisis teks; Mengenal cara menyusun keterangan; Tahap awal penyusunan karangan; Penyusunan karya ilmiah; Penyusunan skripsi/buku; Penyusunan teks pidato.

Referensi a.l..: Gorrys Keraf, Komposisi, Flores, Nusa Indah, 1971; Yus Badudu, Indonesia dalam Pembinaan di TV, Bandung, Pustaka Prima, 1978.

8)  Bahasa Inggris 1 dan 2 : 4 sks

Tujuan:

Memberikan bekal pengetahuan Bahasa Inggris kepada para maha-siswa, terutama    dalam    membangun    dan    mengembangkan    kemampuan komunikasi   lisan  dan  tulisan   baik  dalam   dunia   akademik   maupun pergaulan sehari-hari.

Topik Inti:

Nouns; articles; the using of linking be; linking verbs; types of verbs; pronouns; five basic tenses; adverbs and their formations; auxilary verbs; conjunction; passive voive; degrees of cotnparasions; derivative words; questions tags; sentences; adverbial clauses; adjective clauses; noun clauses; participal phrases; gerund phrases; infinitive phrases; absolute constructions; abstract noun phrases; appositive phrases

Referensi a.l.: Alexander L.G. First Things First: An Integrated Cause for Beginner; Robert Krohn, English Sentence Structure.

9)  Bahasa Arab 1 dan 2     : 4 sks

Tujuan:

Mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan dasar untuk mema-hami teks berbahasa Arab, membaca dengan baik dan benar, meng-anilis kata, struktur kalimat, dan Iain-Iain.

Topik Inti:

Mnqadimah: al-lughah al-’arabiyyah wa ‘ulumuha; al-kalimah; al-jumlah; al’irab wa al-bina; al-fi’l al-madhi, al-mudhariwa al-amr, al-muta’addi, al-lazim, al-tna’lum wa al-majhul, al-shahih wa al-mu’tal, al-jamid, al-mutasharrif, al-ta’ajjub, al-madah wa al-dzam’, nun al-taukid ma a al-fi’l, al-ism al-maushuf wa al-shifah, al-mudzakkar wa al-mu’annats, al-dlomair, al-isyarah, al-maushulah, al-istifham, al-ma’rifah wa al-nakirah, al-muqtaran bi “alil-lam”, al-munada al-maqshud, al-mashdar, al-fa’il, al-maful, al-musyabbihah, al-tafdlil, al-zaman wa al-makan, alat, al-jama’, kana wa akhwatuha; inna wa akhwatuha; al-mashdar al-sharih wa al-muawwal; al-maful bih; al-maful al-muthlaq; al-maful li ajlih; al-maful fih; al-maful ma ‘ah; al-idhafah.

Referensi a.l.: Hifni Bik Nasif dkk., Nahw al-Wadhi; Musthafa al-Ghulayani, Jami al-Durus al-Arabiyah.

10) Ilmu Alamiah Dasar : 2 sks

Tujuan : Agar Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami Dasar-dasar tentang Konsep Alam dan dapat memberikan Panalaran tentang Perkembang Alam.

Topik Inti: Proses Perkembangan tentang Struktur Alam; Proses terbentuknya alam semesta dan penghuninya menurut Ilmu Pengetahuan Alam Barat dan Ilmu Pengetahuan Islam; Latar belakang dan ruang lingkup pembahasan Ilmu Alam Dasar; Individu dan masyarakat dan Cara berinteraksi dengan alam; Pemerintah dan warga negara dalam hak dankewajibanya terhadap Pelestarian alam; Kependudukan dan masyarakat; Penduduk Perkotaan dan Pedesaan dalam berinteraksi dengan alam; Struktur Pembangunan alam; Kultur yang berkembang dalam berinteraksi dengan alam.

Refrensi : a.I:

Darmansyah M, Ilmu Sosial Dasar; Nidzamudin, Ilmu AlamiahDasar, Rhedi Panuju, Ilmu Budaya Dasar.

11) Ilmu Hadits           : 2 sks

Tujuan:

Agar Mahasiswa mengetahui dan memahami dengan baik arti peniing ilmu Hadits sebagai suatu pengetahuan untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan Hadits Nabi sebagai sumber ajaran Agama; Term-term penting; Sejarah perkembangan hadits; Pembagian hadits; Takhrij ai-hadits; Kitab-kitab hadits terkenal; dan Aliran Inkarusunnah.

Topik Inti:

Pengertian hadits, sunnah, khabar dan atsar; Hadits sebagai sumber ajaran agama; Sejarah hadits (pra kodifikasi dan masa kodifikasi), Sejarah perkembangan ulumul hadits dan periodisasinya; Persya-ratan hadits shahih, hadits dhaif dan macam-macamnya; Syarat seorang perawi dan proses tranformasi hadits; Ilmu jarh wa ta’dil; Hadits maudhu’; Takhrij hadits teoritis dan praktis; Mukharajul hadits; Ikhtilaful sanad wal matan; Inkarul hadits.

Referensi a.I.: Endang Soetari, Ad., Ulumul Hadits; Muhammad ‘Ajaz al-Khatib, Ushul al-Hadits:Ulumuh wa Mushthalahu; Mahmud Thahan, Taisir Mushtholah al-Hadits; Mustofa al-Syiba’i, al-Sunnah wa makanatuha fi al-Tasyri’i al-Islami; Subhi al-Shalih, Ulum al-Hadits wa Mushthalahuh.

-          Mata Kuliah Kompetensi Utama (MKKU)

1)  Fiqh Muamalah  1 & 2 : 4 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa memahami tentang pengaturan kewajiban dan hak atas harta benda dan aktifitasnya menurut syari’at Islam untuk menjadi pedoman dalam menyelesaikan masalah.

Topik Inti:

Pengertian, sistematika, hubungan fiqh muamalah dengan fiqh lainnya, harta, akad, sifat-sifat akad, jual beli, khiyar, sewa menyewa (ijarah), upah-mengupah, pinjam-meminjam (‘ariyah), ju’alah, wadhi’ah, qiradh, rahn, syirkah, musaqah, muzara’ah, mukhabarah, mudha-rabah, hibah, shadaqah, hadiah, riba, rahn, kafalah, hiwalah, wakalah, sulhu, taflis, suf’ah,wakaf, deposito dan kredit.

Referensi a.l.: Ali al-Khafif, Al-Ahkam al-Muamalah al-Syar’iyyah, Hendi Suhendi, Fiqh Muamalah, Rajawali Press, Gufran A. Mas’adi, Fiqh Muamalah Kontekstual, Wahbah Zuhaili, al fiqh al Islam wa adillatuh.

2)  Pengantar Bisnis  : 2 sks

Tujuan :

Agar mahasiswa mampu  memahami konsep Bisnis, menganalisa prospek bisnis dan mampu meningkatkan wawasan bisnis untuk meningkatkan laba

Topik Inti:

Pengertian Bisnis, Bisnis dan Masyarakat,  Bentuk-bentuk Perusahaan,  Pengkhususan  dan Kombinasi Perusahaan,  Organisasi Manajemen, Bisnis   dan   Manajemen, Sumber  Daya Manusia,  Produksi, Proses  Pemasaran  dan Perilaku   Konsumen, aspek promosi Produk dan Harga, Keuangan Perusahaan, dan Mengenal   Sistem  Kelembagaan  Keuangan

Referensi a.l.: Buchari Alma, Pengantar Bisnis, Bandung; Team Dosen Unpar, Pengantar Bisnis, Bandung.

3)  Pengantar Manajemen  : 2 sks

Tujuan :

Agar mahasiswa mampu  memahami mengaplikasikan teori-teori dasar manajemen dalam dunia usaha

Topik Inti:

Manajer Dan Organisasi, Evolusi Teori Manajemen, Lingkungan Eksternal Organisasi,Etika Bisnis, Perencanaan, Perencanaan Strategis, Pengambilan Keputusan, Komponen Struktur Organisasi, Desain Organisasi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Perubahan, Motivasi, Kepemimpinan, Pengendalian

Referensi a.l.: Buchari Alma, Pengantar Bisnis, Bandung; Team Dosen Unpar, Pengantar Bisnis, Bandung, Mamduh   Hanafi, Manajemen, Budiyono Amirullah,Pengantar Manajemen, Malayu S. P. Hasibuan, Dasar-Dasar Manajemen.

4)  Pengantar Akuntansi 1 dan 2  : 4 sks

Tujuan :

Agar mahasiswa mampu memahami mengaplikasikan teori-teori akuntansi dalam dunia usaha

Topik Inti:

Pengenalan Konsep Akuntansi dan Analisa Transaksi, Jurnal Penyesuaian dan Penyelesaian Siklus Akuntansi, Akuntansi Untuk Perusahaan Dagang, Sistem Informasi Akuntansi, Pengendalian Internal Terhadap Kas dan Laporan Arus Kas, Akuntansi Untuk Piutang, Review dan Kuis, Persediaan I, Persediaan II, Aktiva Tetap I, Aktiva Tetap II, Hutang, Investasi

Referensi a.l.: Ikatan Akuntansi Indonesia, Standar Akuntansi Keuangan, Zaki Baridwan, Intermediate Accounting, M. Munandar, Pokok-Pokok Intermediate Accounting, Abdullah Shahab, Accounting Principle, Mardiasmo, Akuntansi Keuangan Dasar.

5)  Ekonomi Mikro Islam   : 2 sks

Tujuan :

Agar mahasiswa mampu memahami mengaplikasikan teori-teori ekonomi mikro Islam dalam dunia kerja.

Topik Inti:

Arti ekonomi dan ilmu ekonomi, Penggerak kegiatan ekonomi, Pelaku kegiatan ekonomi, Tujuan mempelajari ilmu ekonomi, Ruang lingkup makro dan mikro, Sistem ekonomi, Mengapa ada ekonomi Islam, Perbedaan mendasar ekonomi Islam dengan ekonomi modern, Mazhab ekonomi Islam, Prinsip-prinsip umum ekonomi Islam, Ruang lingkup ekonomi makro dan mikro, Mekanisme pasar dari Abu Yusuf, Al-Ghazaly, Ibn Taimiyah, Ibn Khaldun, Mekanisme pasar dalam Islam, Rancang bangun ekonomi Islam, Prinsip-prinsip umum ekonomi Islam,Mekanisme pasar dari pemikir ekonomi Islam dan kaitannya dengan kekinian,Tujuan mempelajari perilaku konsumen,Teori nilai guna  kardinal,Teori nilai guna ordinal,Konsumsi Islami,Teori permintaan,Teori perilaku produsen:Pendekatan satu input variabel,Pendekatan dua input variable, Teori produksi Islami, Konsep-konsep biaya-biaya produksi, Break event point, Keuntungan optimal, Konsep-konsep biaya Islami, Distorsi pasar.

Referensi a.l.: Adiwarman Azwar Karim, Ekonomi Islami (Suatu Kajian Ekonomi Makro), Budiono, Ekonomi Mikro., Iskandar Putong, Pengantar Ekonomi Makro dan Mikro., Muhammad, Ekonomi Mikro dalam Perspektif Islam., Mannan, Ekonomi Islam., The International Institute of Islamic Thought., Sadono Sukirno, Makroekonomi Teori Pengantar, PT. Raja Grafindo Persada.,  Muhammad, Kebijakan Fiskal Dan Moneter Dalam Ekonomi Islam, Salemba Empat PT. Salemba Emban Patria., Paul A. Samuelson dan William D. Nordhaus, Makroekonomi, Penerbit Erlangga.

6)  Ekonomi Makro Islam   : 2 sks

Tujuan :

Agar mahasiswa mampu  memahami dan Mengerti Ilmu Ekonomi Makro Syari’ah; Alat- Alat Analisis Yang Mendukung Ekonomi Makro Islam Dan Kebijakan-Kebijakan Yang Mendukung Ekonomi Makro Islam

Topik Inti:

Antara Makroekonomi Dan Mikroekonomi, Uang Dalam Lintasan Pemikiran Ekonomi Islam, Uang Dalam Ekonomi Islam, Economic Value Of Time, Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi, Neraca Pembayaran, Perdagangan Luar Negeri, Inflasi Dalam Perspektif Islam, Kebijakan Fiskal Konvensional, Kebijakan Fiskal Dalam Ekonomi Islam, Kebijakan Moneter Dalam Ekonomi Islam

Referensi a.l.: Adiwarman Azwar Karim, Ekonomi Islami (Suatu Kajian Ekonomi Makro), The International Institute of Islamic Thought., Sadono Sukirno, Makroekonomi Teori Pengantar, PT. Raja Grafindo Persada.,  Muhammad, Kebijakan Fiskal Dan Moneter Dalam Ekonomi Islam, Salemba Empat PT. Salemba Emban Patria., Paul A. Samuelson dan William D. Nordhaus, Makroekonomi, Penerbit Erlangga.

7)  Manajemen Keuangan   : 2 sks

Tujuan :

Agar mahasiswa mampu  memahami dan Mengerti Ilmu Ekonomi Makro Syari’ah; Alat- Alat Analisis Yang Mendukung Ekonomi Makro Islam Dan Kebijakan-Kebijakan Yang Mendukung Ekonomi Makro Islam

Topik Inti:

Nilai waktu uang (time value of money), penilaian (valuation) sekuritas, teori portofolio dan resiko investasi, manajemen kas dan surat berharga, manajemen piutang dan persediaan; Struktur modal, biaya modal perusahaan, penilaian investasi, Capital Asset Pricing Model (CPAM) dan keputusan investasi, keputusan investasi dan pendanaan, kebijakan dividen (dividend policy), Antara Makroekonomi Dan Mikroekonomi, Uang Dalam Lintasan Pemikiran Ekonomi Islam, Uang Dalam Ekonomi Islam, Economic Value Of Time, Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi, Neraca Pembayaran, Perdagangan Luar Negeri, Inflasi Dalam Perspektif Islam, Kebijakan Fiskal Konvensional, Kebijakan Fiskal Dalam Ekonomi Islam, Kebijakan Moneter Dalam Ekonomi Islam.

Referensi a.l.: Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti, Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Yogyakarta, UPP AMP YKPN, 2002 (Buku I)., Weston, J. Fred dan Copeland, Thomas E., Manajemen Keuangan, Jakarta, Erlangga, 2001 (Buku II)., Mardiaynto, Handono, Intisari Teori Manajemen Keuangan, Jilid I., J. Fred Weston & Eugene F. Brigham, Essentials of Managerial Finance, atau Dasar-dasar Manajemen Keuangan Terj. Alfonsus Sirait., Scott Besley & Eugene F. Brigham, Essentials of Managerial Finance., Lawrence J. Gitman, Ptinciples  of Managerial Finance.

8)  Manajemen Operasi   : 2 sks

Tujuan :

Agar mahasiswa mampu memahami konsep manajemen operasi, menganalisa konversi/operasi dan mampu menerapkan teknik manajemen operasi untuk meningkatkan produktifitas perusahaan.

Topik Inti:

Dasar–dasar manajemen operasi, Perencanaan Fasilitas, Perancangan Sistem Kerja, Prakiraan, Perencanaan Agregat, Manajemen Persediaan, Perencanaan Kebutuhan Material, Penjadwalan, Manajemen Proyek.

Referensi a.l.: Barry Render, Prinsip-prinsip Manajemen Operasi, Salemba Empat Jakarta; Eddy  Herjanto,  Manajemen Produksii dan Operasi, Grasindo.;Sofjan, Assauri , Manajemen Produksi dan Operasi, Salemba Empat, Jakarta.; Jhons E Biegel, Manajemen Produksi, Jakarta; Elwood S Buffa, Manajemen Produksi/Operasi, Erlangga Jakarta.; Roger G Schroeder, Manajemen Operasi , Erlangga Jakarta.

9)  Sewa Guna Syari’ah (Leasing Syari’ah)   : 2 sks

Tujuan:

Agar Mahasiswa dapat mengetahui, memahami konsep dasar sewa guna syari’ah dan menguasai aspek praktis sewa guna syari’ah.

Topik Inti:

Paradigma akad sewa dalam Islam, Perkembangan sewa guna leasing dan ijarah di Indonesia, landasan filosofis, gambaran umum sewa guna syari’ah, diversifikasi konsep ijarah, komparasi sewa guna leasing dan ijarah, kedudukan hukum sewa guna dalam sisitem ekonomi nasional, tata cara pendirian sewa guna leasing, sewa guna dan berbagai bentuk variannya, regulasi pembiayaan sewa guna leasing, regulasi pembiayaan sewa ijarah, pola praktis pembiayaan sewa guna leasing, pola praktis sewa guna syari’ah. Sejarah perkembangan Leasing/Ijarah, peranan dan manfaat Leasing, jenis-jenis pembiayaan Leasing, perbedaan antara perjanjian Leasing dengan perjanjian lainnya, beberapa ketentuan tentang Leasing, mekanisme Leasing, persyaratan pendirian perusahaan Leasing, perlakuan akuntansi oleh penyewa guna usaha, perlakuan pajak bagi Leasing, Leasing Syari’ah.

Referensi a.l.: Veithzal Rivai dkk., Bank and Financial Instition Management, RajaGrafindo Persada, Jakarta. Achmad Anwari, Leasing di Indonesia, Ghalia Indonesia, Jakarta. Budi Rahmat, Multi Keuangan Handbook, Pradnya Paramita, Jakarta. Wiroso, WAPS 2007 Handbook, PPA UNPAD. Muhammad Syafi’i Antonio, Bank Syari’ah dari Teori ke Praktek, Gema Insani, Jakarta. Habib Nazir dan Muhammad Hasanudin, Ensiklopedi Ekonomi dan Perbankan Syari’ah, Kaki Langit, Bandung., Ibn Rusd, Bidayatul Mujtahid., Hendi Suhendi, Fiqh Muamalah, Rajawali Press, Bandung., Arif Ruhiyat, Sewa Menyewa dan Upah Mengupah (Makalah)., Adiwarman Karim, Bank Syari’ah Analisis Keuangan, IIIT., Y. Sri Susilo, Sigit Triandaru, A. Totok Budi Santoso, Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Salemba mpat, Jakarta., Veithzal Rivai dkk,  Bank and Financial Institution Managemet, Raja Grafindo Persada Jakarta.Wiroso,  WAPS 2007 Handbook , PPA UNPAD

10) Manajemen Pemasaran   : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep dasar manajemen pemasaran modern.

Topik Inti:

Konsep dan alat pemasaran, orientasi perusahaan ke arah pasar, perencanaan strategi pemasaran, riset pemasaran, lingkungan pemasaran, perilaku pembelian, persaingan, pangsa pasar, segmentasi, daur hidup produk, targeting, penerimaan konsumen, memprogram pemasaran, melaksanakan pemasaran, dan advertising.

Referensi a.l.: Philip Kotler, Marketing., Mahmud Machfoeds, Pengantar Bisnis Modern., Alex S. Nitisemit, Marketing.,

11) Akuntansi Syari’ah  : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep dasar akuntansi syari’ah.

Topik Inti:

Pengenalan akuntansi syari’ah, akuntansi perbankan syari’ah PSAK 31, PSAK 59, produk dan simpanan jasa perbankan syari’ah, akuntansi simpanan bank syari’ah, distribusi bagi hasil, produk pembiayaan bank syari’ah, akuntansi murabahah, salam-istishna’, ijarah-IMBT, bagi hasil, qardl (pinjaman) bank syari’ah, laporan keuangan perbankan syari’ah (kas, perubahan modal, ZIS dan qardlul hasan).

Referensi a.l.: PSAK

12) Matematika Keuangan Syari’ah  : 3 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep dasar matematika keuangan syari’ah.

Topik Inti:

Himpunan, permutasi dan kombinasi, deret, matriks dan determinan, fungsi, konsep nilai uang terhadap waktu, rumus bunga dan ekivalensi, depresiasi dan deplesi.

Referensi a.l.: Anton H, Aljabar Linear Elementer, Jakarta. Erlangga. Ayres FJ, Teori dan soal-soal Diferencial dan Integral; Kalkulus, Jakarta, Erlangga. Kusmartono dan Rawuh, Matematika Pendahuluan, Bandung, ITB. Munir R, Matematica Diskrit, Bandung, Informatika. Newman DG, Engineering Economic Analisys 3rd Edition. Jakarta Binarupa Aksara.purcell EJ dan verberg D, Kalkulus dan Geometri Analitis jilid I, Jakarta, Erlangga. Thuesen GJ dan Fabrycky WJ, Engineering Economy 7th Edition. USA. Prentice-Hall International, Icn.

13) Pasar Modal Syari’ah  : 3 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep dasar pasar modal syari’ah.

Topik Inti:

Sekilas pasar modal dan pasar uang, alat investasi di pasar modal dan pasar uang, perbandingan saham dan obligasi, struktur pasar modal di Indonesia, lembaga-lembaga yang terkait di pasar modal, pasar perdana dan pasar sekunder, Obligasi konvensional dan syari’ah, reksadana konvensional dan syari’ah.

Referensi a.l.: Hand Out Perkuliahan.

14) Hukum Bisnis Syariah : 2 sks

Tujuan :

Agar mahasiswa mengetahui dan memahami tentang teori-teori dasar hukum syariah dan aplikasinya dalam praktik bisnis.

Topik :

Perkembangan dan pengertian umum hukum umum dan hukum bisnis Islam, Hakikat dan prinsip Bisnis dalam Islam, Prinsip Penegakan Hukum Bisnis Syariah, Hukum Paten di Indonesia, Hukum Merk di Indonesia, Hukum Cipta di Indonesia, Hukum Perlindungan Konsumen, Hukum Perbankan Syariah, Larangan Praktek Monomoli, Tindak Pidana dalam Bisnis menurut Islam, Penyelesaian Sengketa Bisnis menurut Islam, Peradilan Arbitrase Syariah.

Refrensi : a.I: Munir Fuady, Pengantar Hukum Bisnis; I.G. Ray Widjaya, Hukum Perusahaan; R.AH. Rido, Badan Hukum dan Kedudukan Badan Hukum; Aminudin Umar, Hukum Penanaman Modal di Indonesia; Soejoeno Prodjisisworo, Hukum Perusahaan Mengenai Penanaman Modal di Indonesia, Munir Fuady, Pasar Modal Modern, (Tinjauan Hukum); Rachmadi Usman, Hukum Persaingan Usaha di Indonesia; Yusuf Shifid, Perlindungan Konsumen dan Instrumen Hukumnya; AZ Nasution B, Hukum Perlinduangan Konsumen Suatu Pengantar.

15) Perpajakan : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mengetahui hukum dan perhitungan pajak di Indonesia

Topik Inti:

Dasar-dasar, ketentuan umum dan tata cara perpajakan, pajak penghasilan, pajak pertambahan nilai, bea materai, pajak bumu dan bangunan, bea perolehan hak atas tanah dan bangunan, penyusutan dan amortisasi.

Referensi a.l.: Prof. Dr. Mardiasmo. Perpajakan, Andi. Yogyakarta. Rochmat Soemitro, Dasar-dasar Hukum Pajak dan Pajak Pendapatan. Eresco, Bandung.

16) Manajemen Bisnis Retail Syariah : 2 sks

Tujuan : Agar mahasiswa dapat mengetahui dan memahami sistem pengaturan dadlam tata cara Bisnis retail menurut Syariah

17) Sistem Informasi Manajemen    : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep dasar sistem informasi manajemen.

Topik Inti:

Gambaran umum, sifat-sifat umum, penerapan dan perencanaan sistem informasi, organisasi manajer, struktur dan kegiatannya, konsep informasi, kebutuhan dan sumber informasi manajemen, manusia sebagai pengolan informasi, konsep sistem dan sistem informasi, konsep organisasi dan manajemen sehubungan dengan sistem informasi, sistem informasi akuntansi, sistem komputer, konsep pengambilan keputusan untuk sistem informasi, nilai informasi bagi pengambilan keputusan.

Referensi a.l.: George M. Scout, Prinsip-prinsip Sistem Informasi Manajemen. Rajawali Press. Gordon B. Davis, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. PT. Purtaka Binaman Pressindo.

18) Statistik Bisnis Syari’ah 1 dan 2  : 4 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mengerti, memahami dan mampu menerapkan Statistika Bisnis Syari’ah dalam memecahkan berbagai permasalahan nyata yang dihadapi.

Topik Inti:

Pengertian Statistik, penyajian data, penyajian data dengan tabel distribusi frekuensi, histogram, poligon dan kurva ogif, ukuran pemusatan, ukuran penyebaran, ukuran kemiringan dan keruncingan kurva distribusi frekuensi, angka indeks harga, deret berkala dan peramaian, probabilitas dan teori keputusan, analisis regresi dan korelasi, analisis determinasi, distribusi probabililitas, distribusi probabililitas normal, teori menaksir, dan estimasi.

Referensi a.l.: Sudjana, M.A., Statistika untuk Ekonomi dan Niaga, Tarsito. Bandung. Anto Dajan, Pengantar Metode Statistik, LP3ES. Suharyadi dan Purwanto, Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern, Andi. Yogyakarta. Purbayu Budi Santosa dan Ashari, Analisis Statistik dengan Microsoft Excell dan SPSS. Salemba Empat. Jakarta.

19) Modal Ventura Syari’ah   : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mengerti, memahami dan mampu menerapkan teori modal ventura syari’ah dalam dunia usaha.

Topik Inti:

Pengertian Modal Ventura Syari’ah, pengertian Usaha Kecil dan Menengah (UKM), karakteristik Pembiayaan Modal Ventura, bentuk-bentuk Pembiayaan Modal Ventura, pandangan Islam terhadap praktek Modal Ventura, kemitraan (syirkah) dan bagi hasil (mudharabah), syarat dan prosedur memperoleh Pembiayaan Modal Ventura, kriteria dan prosedur Penilaian Investasi Modal Ventura, manfaat Modal Ventura bagi Perusahaan Pasangan Usaha (PPU), prospek Usaha Modal Ventura dan UKM, kebijaksanaan pemerintah dalam pemberdayaan UKM, syarat dan prosedur memperoleh Izin Usaha Modal Ventura.

Referensi a.l.: Adiwarman Azwar Karim, Ekonomi Islami (Suatu Kajian Ekonomi Makro), The International Institute of Islamic Thought., Sadono Sukirno, Makroekonomi Teori Pengantar, PT. Raja Grafindo Persada.,  Muhammad, Kebijakan Fiskal Dan Moneter Dalam Ekonomi Islam, Salemba Empat PT. Salemba Emban Patria., Paul A. Samuelson dan William D. Nordhaus, Makroekonomi, Penerbit Erlangga.

20) Komputer Bisnis

Tujuan:

Agar mahasiswa mengerti, memahami dan mampu menerapkan konsep-konsep komputer bisnis dalam dunia usaha.

21) Multi Keuangan Syari’ah   : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mengetahui dan memahami gambaran secara umum mengenai multi keuangan (multi finance) dan multi keuangan syari’ah (syari’ah multi finance) serta dapat mengaplikasikan dalam dunia bisnis.

Topik Inti:

Pengantar multi keungan, bunga dan riba dalam sistem keuangan syari’ah, peran etika dalam sistem keuangan syari’ah, selayang pandang mengenai multi finance, sewa guna usaha ( leasing), mekanisme sewa guna usaha multi finance company, cara-cara perhitungan pembiayaan ijarah dan IMBT, anjak piutang (factoring), mekanisme anjak piutang pada perusahaan pembiayaan, anjak piutang dalam pembiayaan syari’ah, pembiayaan konsumen (consumer financing), pembiayaan konsumen dalam pembiayaan syari’ah.

Referensi a.l.: Budi Rahmat, Multi Finance Handbook., Adiwarwan A. Karim, Bank Islam., Shalah al-Shawi, Fiqh Ekonomi Keuangan., Dahlan Siamat, Manajemen Lembaga Keuangan.

22) Pengantar Statistik : 2 sks

Tujuan : Agar mahasiswa mengetahui dan dapat memahami teori-teori Dasar statistik.

Topik Inti:

Pengertian Statistik, Jenis-jenis Statistik, Jenis Data, Sumber Data Statistik, Skala Pengukuran,, Penyajian Data(Tabel Dan Grafik) UkuranPemusatan Data, Ukuran Penyebearan Data, Tingkat Kemirinagan dan Tingkat Keruncingan Jurva Distribusi Frekuensi, Analis Regresi dan Korelasi, Teori Peluang.

Refrensi : a.I: Prof. Sudjana, Statistika untuk Ekonomi dan Niaga jilid 1 dan II; Anto Dajjan, Pengantara Metode Statostik jilid I dan II; J. Supranto, Statistik Teori sdan Pengantar , jilid I dan II, Suharyadi dan Purwanto, Statistika untuk Ekonomi dan Keunagan Modern jilid Idan II; Andi Supangat, Statistika Untuk ekonomi dan Bisnis.

23) Kewirausahaan   : 2 sks

Tujuan: Agar mahasiswa mengetahui dan dapat memahami teori-teori kewirausahaan

Agar mahasiswa dapat mengetahui dan memahami serta mempraktekkan konsep dan teori kewirausahaan pada dunia usaha.

Topik Inti:

Konsep Dasar Kewirausahaan, Konsep Dasar Kewirausahaan, Konsep Dasar Kewirausahaan, Proses Kewirausahaan, Fungsi dan Model Peran Wirausaha, Ide dan Peluang dalam Kewirausahaan, Merintis Usaha Baru dan Model Pengembangannya, Pengelolaan Usaha dan Strategi Kewirausahaan, Pengelolaan Usaha dan Strategi Kewirausahaan, Kompetensi Inti dan Strategi Bersaing, Analisis Bisnis dan Studi Kelayakan Usaha, Analisis Bisnis dan Studi Kelayakan Usaha, Etika Bisnis dan Kewirausahaan, Etika Bisnis dan Kewirausahaan.

Referensi a.l.: Drucker, F. Peter (1994), Innovation and Entrepreneurship: Practicer and Principles. Penerjemah Rusdi Naib. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.Winardi (2003), Entrepreneur dan Entrepreneurship. Jakarta: Prenada Media.Zimmerer W. Thomas, Norman M. Scarborough (1996), Entrepreneurship and New Venture Formation. New Jersey: Prentice Hall International.

24) Bank Komersial Syari’ah   : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mengetahui dan dapat memahami teori-teori bank komersial syari’ah.

Topik Inti:

Organisasi Bank, Aktivitas Bank, funding bank syari’ah, rahasia bank, tips dan trik funding, kredit perbankan, account officer, aspek legal dalam pembiayaan, proses analisa pembiayaan, kredit/ pembiayaan bermasalah, dampak dan penanganan kredit bermasalah, kesehatan dan rahasia bank, Bank Indonesia, perkembangan perbankan syari’ah.

Referensi a.l.: Dahlan Siamat, Manajemen Lembaga Keuangan, Edisi Ke lima, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI, Jakarta, 2005., Widjanarto, Hukum dan Ketentuan Perbankan di Indonesia Ed. III, PT. Anem Kosong, Jakarta, 1997., As. Mahmoeddin, Melacak Kredit Bermasalah, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 2004., Joppie Jusuf, Analisis Kredit Untuk Account Officer, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, jakarta, 1995., Adiwarman A. Karim, Bank Islam : Analisis Fiqh dan Keuangan Edisi III, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2006., Sutarno, Aspek-aspek Perkreditan pada Bank, CV. Alfabeta, bandung, 2005., M. Syafi’i Antonio, Bank Syari’ah: dari Teori ke Praktek, Gema Insani, Jakarta, 2001., Kumpulan Fatwa DSN., Peraturan Bank, UU PT, Kodifikasi Produk Perbankan Syari’ah.

25) Fiqh Lembaga Keuangan Syariah : 2 sks

Tujuan : Agar mahasiswa mengetahui dan memahami keberadaan dan perkembangan lembaga keuangan di Indonesia

Topik : Pengantar Lembaga Keuangan Syariah, Kedudukan dan fungsi dan tujuan Lembaga Keuangan Syariah, Prinsip Operasional Lembaga Keunagan Syariah, Prinsip Syariah pada Lembaga Keuangan Syariah, Aplikasi fiqh pada Lembaga Keuangan Syariah, Konsep-konsep dan istilah Fiqh Lembaga Keuangan Syariah, Lembaga Keuangan Syariah dan Peranaannya dalam Pembangunan Ekonomi Islam di Indonesia.

26) Manajemen Sumber Daya Manusia   : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mengetahui dan memahami serta memiliki sumber daya manusia yang unggul.

Topik Inti:

Manajemen SDM (Pengertian, Ruang Lingkup, dan Konsep Manajemen SDM), Seleksi dan Orientasi SDM, Seleksi dan Orientasi SDM (lanjutan), Pelatihan dan Pengembangan SDM, Perencanaan dan Pengembangan Karir, Performance Appraisal dan Model Penilaian Kerja, Sistem Kompensasi/Penggajian, Sistem Kompensasi/Penggajian (lanjutan), Konsep Perilaku dan Motivasi, Konflik dan Stress Kerja, Perundingan Kerja Bersama dan Hubungan Karyawan, Perundingan Kerja Bersama dan Hubungan Karyawan (lanjutan), Sistem Informasi SDM, Riset dan Audit SDM.

Referensi a.l.: Asri, Marwan dan Awig D. Sulistyo Budi, Pengelolaan Karyawan, Yogyakarta: BPFE, 1989. Chruden, Herzbert J. and Arthur W., Sherman, Managing Human Resources, 6th ed., Ohio: South-Western, 1989. Flippo, Edwin B., Personal Management, 5th ed., Singapore: Mc-Graw-Hill, 1990. Handoko, T. Hani, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE, 1988 Lynch, James J., Making Manpower Effective,Manullang, M., Manajemen Personalia, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1991.Robbins, Stephen B., Organizational Behavior, 6th ed., Prentice-Hall, 1996. Susanto, Azhar, Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Pengembangannya, Bandung: Lingga Jaya, 2004.

27) Komunikasi Bisnis Syari’ah   : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mengetahui dan memahami serta dapat mempraktekkan cara komunikasi bisnis sesuai syari’ah.

Topik Inti:

Tinjauan Komunikasi & Mengenal Komunikasi Bisnis, Tinjauan Komunikasi Bisnis, Teknik & Strategi Komunikasi Bisnis, Tinjauan Pemasaran, Tinjauan Media Komunikasi Bisnis, Communication Skill & Manajemen Skill, Korespondensi Bisnis, Pengelolaan Rapat, Teknik Presentasi, Lobi dan Negosiasi, Penulisan Proposal Bisnis & Laporan Bisnis.

Referensi a.l.: Alma, Buchori, Pengantar Bisnis, 1997., Bramson, Robert, Customer Loyalty, Prestasi Pustaka, Jakarta, 2005., Dan B Curtis, James J.Floyd, Jerry I.Winsor, Komunikasi Bisnis dan Profesional <Terjemahan>, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1992,. Dunckel, Jacqueline, Etiket Bisnis Terjemahan, Arcan, Jakarta, 1996., Purwanto, Djoko, Komunikasi Bisnis., Purwanto, Djoko, Komunikasi Bisnis Teknologi., Debora C Andrew William D Andrews, Bussines Communication, 1998., Freinberg, William, Apply Bussiness Communication, 1992., Hermanto, Bambang, Komunikasi Bisnis, Mara Books., Jane W Sibson Richard M Hodgetts, Bussines Communication Skill and Strategic,1990., Judith, Komunikasi Bisnis Handbooks., Jefkins, Frank, Public Relation untuk bisnis. 1987., Kasali, Renald, Sukses melakukan presentasi, 2003., Kath, Bernard, Komunikasi Bisnis Praktis, Terjemahan, 1994., Ludlow, Ron Panton, Fergus, The Essence of Effective Communication, Terjemahan, Andi, Yogyakarta, 1996., Panuju, Redi, Komunikasi Bisnis Bisnis sebagai Proses Komunikasi, Komunikasi sebagai Kegiatan Bisnis, Gramedia, Jakarta, 2000., Rakhmat, Jalaluddin, Retorika Modern, Remaja Rosdakarya, Bandung 2006., Subarna, Tatang, Yosal Iriantara, Saiful Rochman, Modul Komunikasi Bisnis, Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, Jakarta, 2002

28) Manajemen Investasi : 2 sks

Tujuan :

Agar Mahasiswa mengetahui dan memahami tata cara Pengaturan dan berinvestasi

29) Akuntansi Keuangan Syari’ah   : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa dapat mengetahui dan memahami akuntansi keuangan syari’ah.

Topik Inti:

Kash (cash), piutang dagang (account receivable), wesel tagih (notes receivable), persediaan barang dagang (merchandise inventory), investasi jangka panjang (long term investment), aktiva tetap berwujud (tangible fixsed assets), kewajiban lancar, kewajiban jangka panjang, analisis laporan keuangan, kerangka dasar penyusunan dan penyajian laporan keuangan syari’ah dan penyajian laporan keuangan, akuntansi murabahah, akuntansi salam, akuntansi istishna’, akuntansi mudharabah, akuntansi musyarakah.

Referensi a.l.: Soemarso S.R, Akuntansi: Suatu Pengantar, Buku 1 Edisi , Jakarta: Salemba Empat, 2005., Jay M. Smith & K. Fred Skousen, Akuntansi Intermediate Jilid 1, Jakarta, Erlangga, 1992., Soemarso S.R, Akuntansi: Suatu Pengantar, Buku2  Edisi , Jakarta: Salemba Empat, 2005., Sofyan S. Harahap, Wiroso, Muhammad Yusuf, Akuntansi Perbankan Syari’ah, Jakarta, LPEE-Universitas Trisakti., Ikatan Akuntan Indonesia, Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK), Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

30) Manajemen Keuangan Internasional : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa dapat mengetahui dan memahami manajemen keuangan internasional.

31) Auditing Syari’ah   : 3 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa dapat memahami latar belakang dan manfaat audit, proses audit dan penyusunan laporan pemeriksaan akuntan (audit report), bukti audit dan kertas kerja, struktur pengendalian intern dan pemeriksaan laporan keuangan, terutama tentang pemeriksaan dengan menggunakan sistem elektronik data (EDP audit).

Topik Inti:

Audting, standar profesonal akuntan publik dan kode etik akuntan akuntan Indonesia, tujuan pemeriksaan (audit objektive) dan laporan pemeriksaan (audit report), struktur pengendalian intern (internal control structure), bukti pemeriksaan (audit evidence) dan kertas kerja pemeriksaan (audit working paper), materialitas (meteriality) dan resiko audit (audit risk), rencana pemeriksaan (audit plan), program pemeriksaan (audit programe) dan prosedur pemeriksaan (audit procedure), pemeriksaan dengan sistem elektronik (EDP audit), pemeriksaan kas/bank, pemeriksaan piutang, pemeriksaan surat berharga (marketable securitas audit), pemeriksaan persediaan (inventories audit), pemeriksaan biaya dibayar dimuka (prepaid expenses audit) dan pajak dibayar dimuka (prepaid taxes audit), pemeriksaan aktiva tetap, pemeriksaan utang (audit liabilities).

Referensi a.l.: Abdul Halim, Pemeriksaan Akuntansi 1, Jakarta: Penerbit Gunadarma, 1994., Anies S.M. Basalamah, Auditing PDE, Depok : Penerbit Usaha Kami, 1995., Arens & Loebbecke, adaptasi oleh Amir Abdi Jusuf, Auditing : Pendekatan Terpadu, buku 2, edisi Indonesia, Jakarta : Salemba Empat 1999., Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Publik, Standar Profesional Akuntan Publik, Jakarta : Salemba Empat, 2001., Ikatan Akuntan Indonesia, Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta : Salemba Empat, 2002., Mulyadi, Auditing, buku 1,edisi 6, Jakarta : Slemba Empat, 2002., Rittenberg, Auditing : Concepts for a Changing Environment, 3rd edition, Harcourt : 2001., Sukrisno Agoes, Auditing (Pemeriksaan akuntan) oleh Kantor Akuntan Publik, Jilid 1, edisi ke dua, Jakarta: Lembaga Penerbitan FEUI, 2000., Sukrisno Agoes, Auditing (Pemeriksaan akuntan) oleh Kantor Akuntan Publik, Jilid 2, edisi ke dua, Jakarta: Lembaga Penerbitan FEUI, 2000., Tugiman Hiro, Standar Profesional Audit Internal, Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2000.

32) Manajemen Keuangan Syariah : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa dapat dan mampu memahami Manajemen keuangan syari’ah pada lembaga-lembaga keuangan syari’ah.

Topik Inti:

Manajemen Keuangan Umum : Teori manajemen kas, likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas perusahaan, manajemen modal kerja, manajemen piutang, praktika analisis rasio finansial, praktika manajemen keuangan syari’ah.

Referensi a.l.: Bambang Riyanto, Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, Yogyakarta : BPFE UGM, 1997., Rifki Muhammad, Akuntansi Keuangan Syari’ah, Yogyakarta: Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam FEUII, 2008.

33) Manajemen Pembiayaan Syariah: 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa dapat dan mampu mempraktekkan manajemen Pembiayaan syari’ah pada lembaga-lembaga keuangan syari’ah.

Topik Inti:

Praktika akuntansi keuangan umum: konsep pencatatan transaksi, akuntansi perusahaan jasa, akuntansi perusahaan dagang, cash dan voucher sistem, praktika akuntansi keuangan syari’ah.

Referensi a.l.: Soemarso S.R, Akuntansi; Suatu Pengantar (buku 1 edisi 5), Jakarta : Salemba Empat., Soemarso S.R, Akuntansi; Suatu Pengantar (buku 2 edisi 5), Jakarta : Salemba Empat., Hadori Yunus dan Harmanto, Akuntansi Keuangan Lanjutan, Yogyakarta: BPFE., Rifki Muhammad, Akuntansi Keuangan Syari’ah, Yogyakarta: Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam FEUII, 2008.

34) Asuransi Syari’ah 1 dan 2  : 4 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa dapat memahami dan menguasai dasar-dasar, kosep dan sejarah asuransi konvensional dan syari’ah serta proses dan regulasi dalam asuransi.

Topik Inti:

Sejarah asuransi konvensional di dunia, Sejarah asuransi di Indonesia dan asuransi syariah, Konsep dan definisi asuransi, Regulasi dan peraturan perasuransian di Indonesia, Konsep dan peranan asurasi di dalam kehidupan, Konsep asuransi syariah, Konsep dan prinsip dasar asuransi syariah, Latar belakang dan perbandingan asuransi konvensional dan syariah, Konsep dasar asuransi, Pengertaian polis dan karakteristik polis asuransi jiwa, Proses seleksi risiko (underwriting),

Referensi a.l.: CFP (certified Financial Planner)  Manajemen Risiko dan Perencanaan Asuransi., Muhammad Syakir Sula, Asuransi Syariah Konsep dan sistem Operasional. 2004

35) Baitul Mal wa Tamwil  (BMT) 1 dan 2 : 4 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mengetahui dan memahami konsep baitul mal wa tamwil.

Topik Inti:

Pengantar BMT, Pengertian Visi dan Misi BMT, Bmt: Kedudukan, Fungsi dan Tujuannya dan Usaha BMT, Prinsip Operasional, Pendirian bmt, Tahapan, Lokasi, Pengelola, Struktur, Legalitas BMT, Prinsip syari’ah dalam BMT, Aplikasi Fikih Muamalah di lembaga keuangan Syari’ah, Konsep-konsep dan istilah khas dalam fiqh mu’amalah, Pengertian Riba, Pembagian dan jenis Riba, Pengertian baitul mal, Kategorisai baitul mal lembaga zakat di Indonesia, Perbedaan BAZ dan LAZ, Pengertian SOP, Fundrising management, Amil management, Finance & account management, Enpowering management, Pengertian lembaga asosiasi BMT, Jenis-jenis lembaga asosiasi BMT, Pembentukan Kepribadian manajemen BMT, Strategi penghimpunan dana, Segmentasi, target dan posisioning, Marketing mix, Selling, Differensiasi, Managemen Pembiayaan, Penanganan Pembiayaan, Pengantar Pengelolaan Keuangan BMT, Manajemen Dana BMT, Strategi Monitoring dan Pengawasan BMT, BMT dan peranannya dalam pembangunan Ekonomi Indonesia, Pemberdayaan BMT: alternatif membangun Ekonomi Syari’ah menurut Etika Islami, BMT dan peranannya dalam pembangunan Ekonomi Indonesia.

Referensi a.l.: Ahmad Hasan Ridwan,  BMT dan bank islam, Bandung, humanity institute, 2008.,Ibrahim Lubis, Ekonomi Islam: Suatu Pengantar, Jakarta, Kalam Mulia, 1995.,Abu Sura’I Abdul Hadi, Bunga bank dalam Islam, Surabaya, al-Ikhlas., M. Amin Aziz, mengembangkan bank Islam di Indonesia., M. Amin Aziz, Pedoman Pendirian BMT, jakarta: Pinbuk press,2004., M. Amin Aziz, AD/ARTBMT, jakarta: Pinbuk press,2004., Adiwarman Azwar Karim, Sejarah pemikiran Ekonomi islam, Jakarta, Rajawali, 2004., Abdullah Zaky al-Kaaf, Ekonomi dalam Perspektif Islam,  Bandung, Pustaka Setia, 2002. , M. Faruq an-Nabahan, Sistem Ekonomi Islam, Yogyakarta, UII Press, 1997., Pinbuk, Diklat Kewirausahaan dan Bait al-Mal wa Tamwil, Jakarta., Pinbuk, Pelatihan manajemen Operasional dan Pengembangan BMT, Jakarta,

36) Manajemen Resiko : 2 sks

Tujuan :

Agar mahasiswa mengetahui dan memahami konsep dari manajemen resiko dalam sistem bisnis Islam

37) Akuntansi Biaya : 2 sks

Tujuan :

Agar mahasiswa mengetahui dan memahami konsep dari akuntansi biaya dalam sistem bisnis Islam

38) Politik Ekonomi Syariah :  2 sks

Tujuan :

Agar mahasiswa mengetahui dan memahami konsep dari politik ekonomi syari’ah dalam sistem bisnis Islam

39) Tafsir Hadits Ekonomi : 2 sks

Tujuan : Agar mahasiswa mengetahui dan memahami konsep Tafsir dan hadits tentang ekonomi.

Topik Inti : Konsep ekonomi menurut al-qur’an dan hadits; Ayat-ayat  yang berkaitan dengan ekonomi; hadits-hadits tentang ekonomi;

40) Laboratorium Perbankan Syariah : 2 sks

Tujuan : Agar mahasiswa mengetahui dan memahami konsep laboratorium perbankan syari’ah.

41) Ekonomi Pembangunan : 2 sks

Tujuan : Agar mahasiswa mengetahui dan memahami konsep ekonomi pembangunan.

42) Ekonomi Manajerial : 2 sks

Tujuan : Agar mahasiswa mengetahui dan memahami konsep ekonomi manajerial.

43) Analisa Kuantitatif : 2 sks

Tujuan : Agar mahasiswa mengetahui dan memahami konsep analisa kuantitatif.

44) Analisa Laporan Keuangan : 2 sks

Tujuan : Agar mahasiswa mengetahui dan memahami konsep analisa laporan keuangan.

45) Manajemen Perbankan Syariah : 2 sks

Tujuan : Agar mahasiswa mengetahui dan memahami konsep dari manajemen perbankan syari’ah.

46) Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah : 2 sks

Tujuan : Agar mahasiswa mengetahui dan memahami konsep dari akuntansi lembaga keuangan syari’ah.

-          Mata Kuliah Kompetensi Pendukung/Penunjang (MKKP)

1)  Manajemen Haji dan Umrah   : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mengetahui dan memahami proses penyelenggaraan ibadah Haji dan Umrah.

Topik Inti:

Pengertian dan ruang lingkup Haji dan Umrah, kedudukan Haji dan Umrah menurut UU No. 17 Tahun 1999, Haji dan Umrah menurut Qur’an dan Hadits, sejarah Haji dan Umrah di indonesia, filosofi Haji dan Umrah, Haji dan Umrah di Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam, administrasi Haji dan Umrah di Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam, status dan kedudukan KBIH, Biro Perjalanan Haji dan Umrah, fungsi KBIH dan Biro Perjalanan Haji dan Umrah, Sistem Keuangan Haji dan Umrah, Akuntansi Haji dan Umrah.

Referensi a.l.: UU No.13 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, Aden Rosadi, Haji di Indonesia (sejarah Perkembangan dan Pemikiran.,

2)  Manajemen Ziswaf Kontemporer  : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mengetahui dan memahami urgensi pengelolaan zakat.

Topik Inti:

Pengertian, ruang lingkup, kedudukan, filosofi, pendayagunaan dan pendistribusian, pengawasan, penelitian dan pengembangan zakat, muzaki, sejarah pengelolaan zakat di Indonesia, Badan Hukum Pengelola Zakat di Indonesia, ruang lingkup dan perlakuan pajak dan zakat. Wakaf dalam konteks ekonomi negara, wakaf dalam sistem jaminan sosial, wakaf permanen dan wakaf temporal, wakaf produktif (tunai), fungsi manajemen dalam pengelolaan wakaf, wakaf dan bank-PSWU, investasi dana wakaf, peningkatan kualitas nazir oleh Badan Wakaf Indonesia, administrasi wakaf, manajemen pengelolaan wakaf (mesjid, pesantren, lembaga pendidikan dan penerbitan, rumah sakit dan layanan umum DD Republika)

Referensi a.l.: UU No.38 Tahun 1999., KMA 581 Tahun 1999 dan KMA 373 Tahun 2003. Achmad Djunaidi, Paradigma Baru Wakaf di Indonesia. Jakarta. Depag RI. Achmad Djunaidi, Strategi Pengembangan Wakaf Tunai di Indonesia. Jakarta. Depag RI. Achmad Djunaidi, Pedoman Pengelolaabn Wakaf Tunai. Jakarta. Depag RI. Achmad Djunaidi, Fiqh Wakaf. Jakarta. Depag RI. Achmad Djunaidi, Panduan Pemberdayaan Wakaf Tanah Produktif Strategis di indonesia. Jakarta. Depag RI. Achmad Djunaidi, Perkembangan Pengelolaan Wakaf di Indonesia. Jakarta. Depag RI. Achmad Djunaidi, Klasifikasi Pemanfaatan Tanah Wakaf di Sumatera dan Kalimantan. Jakarta. Depag RI. M.A. Mannan, Sertifikat Wakaf Tunai: Sebuah Inovasi Instrumen Keuangan Islam. Jakarta Ciber dan PKTTI-UI. Taufiq Hamami, Perwakafan Tanah dalam Politik Hukum Agraria Nasional. Jakarta. PT. Tatanusa.

3)  Perilaku Organisasi  Bisnis : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mampu mengaplikasikan teori-teori dasar manajemen dalam dunia usaha.

Topik Inti:

Perilaku organisasi, perilaku individu, motivasi, imbalan, hukuman, disiplin, strees dan individu, perilaku kelompok dalam organisasi, konflik dan strategi penanggulangannya, kepemimpinan, desai organisasi, desai kerja, komunikasi, pengambilan keputusan, penilaian efektivitas organisasi, sosialisai/karir.

Referensi a.l.: Gibson Ivancevich Donnelly, Organisasi.,  Miftah Thoha, Perilaku Organisasi.,  Adam I. Indrawijaya, MPA, Perilaku Organisasi.,  T. Hani Handoko, Manajemen Personalia & SDM, Mamduh Hanafi, Manajemen.

4)  Gadai Syariah : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mampu mengaplikasikan teori-teori dan praktek gadai syari’ah.

5)  Budgeting : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mampu mengaplikasikan teori-teori dan praktek budgeting.

6)  Studi Kelayakan Bisnis : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mampu mengaplikasikan teori-teori dan praktek studi kelayakan bisnis.

7)  Metode Penelitian : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa memahami dasar-dasar cara kerja ilmiah, sebagai salah satu ciri penguasaan bidang keahlian.

Topik Inti:

Beberapa aspek tentang falsafah ilmu: landasdn ontologi, epistemologi, dan antologi; jenis-jenis pengetahuan; sumber pengetahuan; pengujian kebenaran pengetahuan ilmiah; struktur dan perangkat ilmu; hubungan antara ilmu dengan etika. Metode ilmiah dan metode penelitian: manusia dan pengetahuan ilmiah; daya berfikir dan cara berfikir; logika dan cara berfikir ilmiah; penggunaan metode ilmiah dalam metode penelitian; penggunaan matematika dan statistika dalam penelitian; jenis-jenis penelitian (ilmiah, akademis, kebijakan, institusional, aksi). Unsur informasi dan unsur metodologi dalam penelitian: makna konsep, konstruk, variable, teori, postulat, aksioma, dan hukum; fungsi teori dalam penelitian; prosedur pembentukan teori (theory generating); prosedur pengujian teori (theory testing). Metode-metode penelitian: hubungan antara metode penelitian dengan fokus penelitian; karakteristik dan tahapan metode eksperimen, metode sejarah, metode survai, metode studi kasus, metode analisis isi, dan metode gounded research; aplikasi metode penelitian bagi pengembangan ilmu. Penelitian kualitatif: paradigma penelitian kualitatif, metode-metode penelitian kualitatif; pendekatan etic dan emic dalam penelitian kualitatif; penentuan fokus penelitian; rancangan penelitian kualitatif Penelitian kuantitatif: paradigma penelitian kuantitatif; asas-asas pengukuran; teknik pengambilan contoh (sampling technique); teknik pengumpulan data; model-model pengujian (tes statistik); rancangan penelitian kuantitatif. Penelitian antardisiplin dan multidisiplin: paradigma penelitian antardisiplin dan multidisiplin; penelitian antardisiplin dan multidisiplin bagi pengembangan ilmu; penelitian antardisiplin dan multidisiplin bagi pengembangan masyarakat.

Konsep Dasar Penelitian Ekonomi Syariah: Pengertian Ekonomi Syariah, Jenis-jenis Penelitian Ilmu Sosial dan Ekonomi Syariah, Ruang Lingkup Penelitian MUA; Dasar Penelitian Ekonomi Syariah, minimal meliputi: Penetapan Judul Penelitian MUA, Penentuan Masalah Penelitian MUA, Penentuan Tujuan dan Kegunaan Penelitian MUA; Penetapan Kerangka Pemikiran Penelitian MUA, dan Penetapan Hipotesis; Populasi dan Sample Penelitian Ekonomi Syariah; Metodologi Penelitian Ekonomi Syariah: Metode Penelitian, Variable Penellitian, Teknik Pengumpulan Data, dan Analisis Data; Penyususnan Laporan Penelitian Ekonomi Syariah.

Referensi a.l.: Cik Hasan Bisri, Pilar-pilar penelitian Hukum Islam dan Pranata Sosial; Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer; Julia Brannen, Memadu Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif; Koentjaraningrat (Ed), Metode-Metode Penelitian Kemasyarakatan; lexy Maleong, Metodologi Penelitian Kualitatif; Noeng Muhadjir, Metodologi Penelitian Kualitatif; Taufik Abdullah dan M. Rusli Karim, Metodologi Penelitian Agama : Sebuah Pengantar.

Koentjaraningrat, (ed), Metode-Metode Penelitian Masyarakat; Nung Muhadjir: Metode Penelitian Kualitatif; Suharsismi Arikunto: Manajemen Penelitian; Hadari Nawawi: Metode Penelitian Bidang Sosial; Muhamad Masduki: Petunjuk Praktis Membuat Skripsi; Wahyu, Bimbingan Penulisan Skripsi; Lexi Maleong, Metode Peneli-tian Kualitatif; Soeratno dkk, Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi dan Bisnis; Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi; Cik Hasan Bisri, Tuntunan Penyusunan Rencana Penelitian dan Penulisan Skripsi.

8)  Manajemen Stratejik : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mampu mengaplikasikan teori-teori dasar manajemen stratejik dalam dunia usaha.

9) Akuntansi Manajerial : 2 sks

Tujuan:

Agar mahasiswa mampu mengaplikasikan teori-teori akuntansi manajerial.

d.   Mata Kuliah Pendukung Lain-lain (MKPL)

1)                        Kuliah Kerja Nyata (KKN) : 2 sks

2)                        Komprehensif : 2 sks

3)                        Skripsi : 4 sks

Distribusi Mata Kuliah Tiap Semester

Jurusan Manajemen Keuangan Syariah

SEMESTER I

No.

Mata Kuliah

sks

1

Ilmu Tafsir

2

2

Ilmu Kalam/ Aqidah Akhlak

2

3

Filsafat Umum

2

4

Bahasa Indonesia

2

5

Bahasa Arab 1

2

6

Bahasa Inggris 1

2

7

Matematika Keuangan Syariah

2

8

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

2

9

Pengantar Bisnis

2

10

Pengantar Manajemen

2

11

Pengantar Akuntansi 1

2

12

Ekonomi Mikro Islam

2

JUMLAH SKS

24

SEMESTER II

No.

Mata Kuliah

sks

1

Ilmu Fiqh/Ushul Fiqh

2

2

Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam

2

3

Ekonomi Makro Islam

2

4

Komputer Bisnis

2

5

Ilmu Alamiah Dasar

2

6

Ilmu Hadits

2

7

Bahasa Arab 2

2

8

Bahasa Inggris 2

2

9

Pengantar Statistik

2

10

Pengantar Akuntansi 2

2

11

Sistem Informasi Manajemen

2

12

Ekonomi Pembangunan

2

JUMLAH SKS

24

SEMESTER III

No.

Mata Kuliah

sks

1

Hukum Bisnis Syariah

2

2

Fiqh Muamalah 1

2

3

Statistik Bisnis Syariah 1

2

4

Akuntansi Syari’ah

2

5

Ekonomi Manajerial

2

6

Baitul Maal Wa Tanwil (BMT) 1

2

7

Fiqh Lembaga Keuangan Syariah

2

8

Manajemen Keuangan

2

9

Kewirausahaan

2

10

Manajemen Pemasaran

2

11

Manajemen Operasi

2

12

Manajemen Sumber Daya Manusia

2

JUMLAH SKS

24

SEMESTER IV

No.

Mata Kuliah

sks

1

Manjemen Keuangan Syariah

2

2

Manajemen Risiko

2

3

Asuransi Syariah 1

2

4

Manajemen Perbankan Syari’ah

2

5

Fiqh Muamalah 2

2

6

Analisa Kuantitatif

2

7

BMT 2

2

8

Manajemem Investasi

2

9

Manajemen Stratejik

2

10

Manajemen Keuangan Internasional

2

11

Akuntansi Manajerial

2

12

Manajemen Pembiayaan Syariah

2

24

JUMLAH SKS

24

SEMESTER V

No.

Mata Kuliah

sks

1

Perpajakan

2

2

Modal Ventura Syariah

2

3

Pasar Modal Syariah

3

4

Statistik Bisnis Syariah 2

2

5

Manajemen Bisnis Retail Syariah

2

6

Multi Keuangan Syariah

2

7

Asuransi Syariah 2

2

8

Akuntansi Keuangan Syariah

2

9

Tafsir Hadits Ekonomi

2

JUMLAH SKS

19

SEMESTER VI

No.

Mata Kuliah

sks

1

Laboratorium Perbankan Syariah

2

2

Analisa Laporan Keuangan

2

3

Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah

2

4

Bank Komersial Syariah

2

5

Sewa Guna Syariah

2

6

Auditing Syari’ah

3

7

Komunikasi Bisnis Syari’ah

2

8

Budgeting

2

9

Gadai Syariah

2

JUMLAH SKS

19

SEMESTER VII

No.

Mata Kuliah

sks

1

Metodologi Penelitian

2

2

Manajemen Haji dan Umrah

2

3

Manajemen Ziswaf Kontemporer

2

4

Perilaku Organisasi Bisnis

2

5

Akuntansi Biaya

2

6

Politik Ekonomi Syariah

2

7

Studi Kelayakan Bisnis

2

JUMLAH SKS

14

SEMESTER VIII

No.

Mata Kuliah

sks

1

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

2

2

Ujian Komprehensif

2

3

Skripsi/Sidang Munawasah

4

JUMLAH SKS

8